Senin, 10 Juli 2017

Sysflow, DFD, ERD


4.2.1        System Flow

System Flow digunakan untuk melihat rancangan sistem dibuat. Setelah mengGambarkan document flow yang ada di BBPJN VIII, maka langkah berikutnya adalah mengajukan atau merancang sistem baru untuk menunjang atau mempercepat dan agar tidak kehilangan data. Langkah pertama untuk membuat sistem tersebut adalah membuat system flownya terlebih dahulu. Berikut ini adalah system flow yang direkomendasikan guna menunjang kinerja pada bagian BBPJN VIII.

A        System Flow Registrasi Pemohon
Pada Gambar di bawah ini menjelaskan tentang alur input registrasi. Dimulai dari input data registrasi kemudian pemohon melakukan proses validasi data. Jika data yang diinputkan sudah benar, selanjutnya data akan di cek valid tidaknya oleh petugas. Jika proses validasi berhasil maka pemohon akan mendapat password untuk memiliki hak akses ke sistem. Untuk lebih jelasnya ditunjukkan pada Gambar berikut.

Gambar 4.1 System Flow Registrasi Pemohon

B         System Flow Permohonan Informasi
System Flow pada Gambar di bawah ini menjelaskan tentang alur permohonan informasi. Dimulai dari proses pemohon melakukan login dengan menginputkan email dan password yang dimiliki. Kemudian pemohon dapat melakukan proses permintaan permohonan. Jika data yang diinputkan sudah benar dan valid maka pemohon mendapat email bahwa permohonan inforamasi sedang diproses. Untuk lebih jelasnya ditunjukkan pada Gambar 4.2

Gambar 4.2 System Flow Permohonan Informasi





C        System Flow Permintaan Keberatan
System Flow pada Gambar di bawah ini menjelaskan tentang alur permintaan keberataan. Dimulai dari pemohon menyerahkan bukti penolakan permohonan kepada petugas, kemudian dilakukan proses pengecekan surat penolakan apakah valid atau tidak. Jika surat penolakan permohonan valid maka petugas akan memberikan formulir keberatan untuk diisi oleh pemohon. Kemudian data keberatan pemohon disimpan kedalam tabel keberatan. Selanjutnya pemohon akan mendapat tanda terima keberatan. Untuk lebih jelasnya ditunjukkan pada Gambar 4.3.

Gambar 4.3 System Flow Permohonan Keberatan

4.2.2        Data Flow Diagram

Data Flow Diagram (DFD) digunakan untuk mengGambarkan aliran data dan proses yang terjadi dalam sebuah sistem serta entitas–entitas apa saja yang terlibat.
A         Context Diagram
Context Diagram dibawah ini menjelaskan context diagram dari Sistem pengelolah data dan informasi di BBPJN VIII. Context diagram sistem ini terdiri dari 3 entitas, yaitu entitas bagian petugas Humas, kepala dinas dan masyarakat. Tiga entitas tersebut memberikan input data dan menerima output data yang diperlukan. Context Diagram dapat dilihat pada Gambar 4.5.

 

DFD Level 0
Berikut adalah Gambar DFD level 0 yang terdiri dari 6 proses.



Gambar 4.5 Data Flow Diagram level 0

Pada Gambar 4.5 menjelaskan DFD level 0 dari Aplikasi Pengelolaan data dan informasi di BBPJN VIII. Pada DFD level 0 terdapat enam macam proses. Pertama adalah proses input master data, yang kedua adalah proses registrasi pemohon, yang ketiga adalah proses permohonan informasi, yang keempat adalah proses keberatan permohonan, yang kelima adalah proses FAQ dan yang terakhir adalah proses kritik dan saran.

B         DFD Level 1 Mengelolah Master Data
Berikut adalah Gambar DFD Level 1 Proses mengelolah Master Data.


Gambar 4.6 DFD Level 1 Mengelolah Master Data

Pada Gambar 4.6 menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari input master data. Pada DFD level 1 transaksi ini, terdapat enam proses. Pertama adalah proses menyimpan data user ke tbl_user, Kedua adalah proses menyimpan data pekerjaan ke tbl_mst_pekerjaan, Ketiga adalah proses menyimpan data alasan_keberatan ke tbl_alasan_keberatan, Keempat adalah proses menyimpan data klasifikasi pemohon ke tbl_mst_klasifikasi_pemohon, Kelima adalah proses menyimpan data pemberitahuan ke tbl_pemberitahuan, Keenam adalah proses menyimpan data tanda pengenal ke tbl_mst_tanda_pengenal.

C        DFD Level 1 Pendaftaran
Pada Gambar 4.7 menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari input master data. Pada DFD level 1 transaksi ini, terdapat enam proses. Pertama adalah proses menyimpan data pekerjaan ke tbl_mst_pekerjaan, Kedua adalah proses menyimpan data registrasi ke registrasi, Ketiga adalah proses menyimpan data klasifikasi pemohon ke tbl_mst_klasifikasi_pemohon, Keempat adalah proses menyimpan data tanda pengenal ke tbl_mst_tanda_pengenal.

Gambar 4.7 DFD Level 1 Pendaftaran

D        DFD Level 1 Permohonan Informasi
Pada Gambar 4.8 menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari permohonan informasi. Pada DFD level 1 transaksi ini, terdapat empat proses. Proses pertama masyarakat melakukan login ke dalam sistem, apabila login sukses maka sistem menampilkan form permohonan informasi dan masyarat mengisi form tersebut. Setelah form permohonan informasi terisi maka data yang di isi di simpan ke dalam tbl_permohonan oleh sistem. Setelah itu petugas Humas melakukan konfirmasi permohonan informasi dan membuat laporan untuk di berikan ke kepala dinas. Lihat Gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Gambar 4.8 DFD Level 1 Permohonan Informasi


E         DFD Level 1 Permohonan Keberatan
Pada Gambar 4.9 menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari permohonan keberatan. Pada DFD level 1 transaksi ini, terdapat empat proses. Proses pertama adalah petugas Humas melakukan validasi terhadap surat penolakan permohonan informasi. Apabila surat penolakan sesuai maka petugas mengisi form keberatan berdasarkan data formulir yang sudah di isi oleh masyarakat terlebih dahulu. Setelah itu masyarakat akan menerima tanda terima keberatan informasi untuk di proses ke komisi informasi. Setelah itu petugas membuat laporan keberatan informasi untuk di berikan kepada kepala dinas. Lihat Gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

 
Gambar 4.9 DFD Level 1 Permohonan Keberatan


F         DFD Level 1 FAQ
Pada Gambar 4.10 menjelaskan menjelaskan DFD level 1 dari FAQ. Pada DFD level 1 transaksi ini, terdapat tiga proses. Dimana petugas menginputkan data informasi ke sistem lalu dapat di lihat oleh masyarakat secara umum lewat website. Lihat Gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Gambar 4.10 DFD Level 1 FAQ

4.2.3        Entity Relationship Diagram

Entity Relationship Diagram (ERD) digunakan untuk mengGambarkan tabel-tabel yang ada dalam sebuah sistem berikut relasi antar tabelnya.
A        Conceptual Data Model
Conceptual Data Model (CDM) dari Rancang Bangung Aplikasi Pendaftaran Peserta Didik terdapat 11 tabel. Masing-masing tabel mempunyai relasi ke tabel-tabel yang lain seperti pada Gambar 4.11.

 
Gambar 4.11 Conceptual Data Model

B         Physical Data Model
Physical Data Model (PDM) adalah struktur tabel atau struktur database yang saling terintegrasi dan saling berhubungan. Untuk lebih jelasnya lihat Gambar 4.12.
 
Gambar 4.12 Phisycal Data Model

Sekian Terima Kasih jika ada salah bisa koment di bawah ini :) {^_^"}
Waalaikumsalam wr.wb.

Proyek Akhir
DIII Manajemen Informatika
Stikom Surabaya
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Institut Berkualitas
Dosen Titik Lusiani
------------------------
Wassalamualaikum Wr.Wb
Semoga Bermanfaat, M. Fahmi Maulana Putra
DIII Manajemen Informatika (http://www.mi.stikom.edu)
Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP.
http://www.stikom.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar